Assalamuallaikum...
Hai sobat, apakah kamu
termasuk orang yang mudah stress bila punya banyak tugas? Karena stres, tugas
pun tak selesai. Ini dia trik untukmu ketika sedang dirundung tugas. Patut
dicoba!
1. Buat Daftar
Ya, buat daftar semua tugas-tugasmu
sekaligus deadline pengumpulannya. Catat pada selembar kertas atau buku
pribadimu atau di laptop.
2. Urutkan Prioritas Tugas
Bedakan
antara tugas yang harus dikerjakan lebih dulu dan yang bias dikerjakan
sesudahnya. Prioritaskan pula tugas yang deadline pengumpulannya lebih awal.
Ini akan membuat pekerjaanmulebih teratur.
3. Manajemen Waktu
Atur
waktumu dengan cara membuat jadwal harian, mulai dari jadwal sekolah atau
kuliah, makan, istirahat, dan juga jadwal mengerjakan tugas. Satu lagi, kalau
bias sisipkan waktu untuk membaca buku dijadwalmu meski setengah jam. Banyak
membaca akan membantumu di kemudian hari.
4. Luangkan Waktu untuk Istirahat
Istirahat juga perlu, lho! Istirahat
itu penting untuk me-refresh otak dan system kerja tubuh. Istirahat juga dapat
mengurangi tingkat kestresanmu. Hanya karena banyak tugas lalu kamu melupakan
istirahat? Wah, stresmu bias jadi lebih akut dan ujung-ujungnya gila. Mau?
5. Fun and Enjoy
Untuk menciptakan situasi yang fun
dan enjoy ketika banyak tugas bukanlah hal yang mudah. Tapi, kamu harus tetap
menciptakannya. Mantapkan pada dirimu kalau dua kondisi itu diperlukan. Kalau
kamu mengerjakan pekerjaan dengan senang dan menikmati pekerjaannya, kamu bakal
lebih mudah menyelesaikannya dan semuanya akan berasa mudah. Ingin cepat
selesai juga kan?
6. Menjaga Mood
Menjaga mood sangat berpengaruh dalam
mengurangi tingkat stress. Untuk menciptakan mood yang stabi, kamu perlu
menyisipkan hiburan. Hiburan apapun yang bias menjada mood tetap baik dan tetap
semangat dalam mengerjakan tugas. Jangan sampai kamu malah kalah pada mood-mu.
Bila mood malas muncul, kamu harus melawannya. Ingat! Sekali menunda itu akan
berdampak panjang ke belakang.
7. Team Work
Kamu bisa ajak teman-temanmu untuk
mengerjakan tugas bersama. Team work ini penting. Kalau tugasbisa dikerjakan
bersama, pasti lebih mudah dan cepat selesai.
8. Minta Tolong
Jangan kamu malu untuk minta tolong
ke teman kalau kamu benar-benar tidak bias mengerjakan tugas. Bukan meminta
untuk dikerjakan atau menyontek, lho! Minta diajari saja, Oke?
9. Kurangi Masalah
Masalah dalam mengerjakan tugas atau
pekerjaan apapun pasti ada, tapi semua itu bias dikurangi dengan tidak
melakukan hal-hal yang dapat menimbulkan masalah, yaitu mengerjakantugas sesuai
prosedur atau menciptakan hubungan baik dengan orang disekitar. Kalau ada
masalah, itu akan berdampak pada konsentrasi dan focus. Jadi, jaga baik-baik
ya?
10. Simpan Data Tugas yang Telah
Dikerjakan
Jangan sampai data yang sudah
dikerjakan terhapus atau hilang. Buat database khusus untuk data-data tugas dan
kelola dengan teratur supaya ketika kamu butuh data itu lai di lain waktu, kamu
bias menemukannya dengan mudah.
11.
Berdoa
Wih, kok jadi religious gini? Lho,
jangan salah! Sebagai manusia kamu tentu butuh kekuatan spiritual. Ini cukup
berpengaruh untuk menenangkan jiwa dan pikiranmu. Berdoalah untuk kebaikanmu
sendiri. Right?
Oke, sekian trik kali ini. Semoga
bermanfaat :)
Saran buat Shei, Gambarnya mending di resize biar nggak kegedean.
ReplyDelete